Pelatihan Olah Nafas Dapat Tingkatkan Imun Tubuh Di Masa Pandemi

BANDUNG – Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan imun seseorang guna menangkal paparan virus Covid-19 di masa pandemi. Salah satunya dengan pelatihan olah nafas yang dilakukan di aula TK Dradjat Al-Islami, Jumat (11/12).

Pantauan lapangan, kegiatan dihadiri oleh beberapa anggota Yayasan Nur Illahi Bandung (YNIB), yaitu pengawas yayasan, ketua yayasan, dan beberapa anggota lembaga TK, DTA, dan KOBER.

Instruktur olah nafas, Agus (29) menyatakan bahwa tujuan dilatih olah nafas selain untuk menjaga kekebalan imun tubuh adalah untuk membantu sesama, dengan dilatihnya tenaga dalam kita bisa menghasilkan energi yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

“Ya, olah nafas ini manfaatnya banyak sekali, jika sudah mengikuti pelatihan kurang lebih 3 atau 4 bulan dengan rutin dan sungguh-sungguh, insyaAllah sudah bisa mengobati orang lain, karena selain untuk menjaga imun tubuh, tujuan utamanya juga agar menjadi bermanfaat bagi orang lain, mudah-mudahan setelah semua sudah menguasai tekniknya kita bisa mengadakan baksos untuk mengobati yang sakit” katanya.

Sementara, Ketua YNIB yang turut menjadi peserta latihan, Bambang Ridjatmoko (60) mengatakan bahwa program pelatihan olah nafas ini adalah ide yang bagus, serta berharap seluruh anggota YNIB bisa mengikuti dan memanfaatkan kesempatan ini.

“Alhamdulillah saya juga terjun mengikuti pelatihan olah nafas dan ingin merasakan manfaatnya, mudah-mudahan dengan mengikuti pelatihan olah nafas ini kita semua dapat terhindar dari virus pandemi yang sedang terjadi,” ucapnya.

Peserta lainnya, Novie (36) mengaku senang dengan diadakannya pelatihan olah nafas, selain mengetahui manfaatnya bisa mengobati diri sendiri juga bisa mengobati orang lain.

“Ya seneng sih ada pelatihan olah nafas ini, nanti kan bisa mengobati orang lain katanya kalau sudah menguasai tekniknya, mudah-mudahan bisa sampai ke tahap itu latihannya, jadi nanti kalau ada saudara yang sakit kita kan bisa bantu,” ujarnya.